Zakumi..datanglah kemari & sebuah perayaan Infograpik

Setiap perhelatan world cup datang, saat itu pula pesta warna-warni visual yang selalu aku tunggu. Seperti menunggu bus yang ku sedang duduk di haltenya, laksana kata “matang” ketika ku di depan kompor dan telur ada di wajan panas,  layaknya potongan roti ketika ku dalam kerumunan nyanyian ulang taon, dan selayak pictogram ketika pesta olimpiade datang. Segalanya begitu menggemaskan.

World Cup kali ini jatuh di benua Afrika [beruntung sekali ya si Afrika itu,kejatuhan kok World Cup, klo di Indonesia adanya “udah jatuh tertimpa tangga pula”, jauh dari konsep beruntung 🙂 ]. Afrika Sebuah benua yang ku langsung terbayang binatang-binatang liar & ganas jika mendengarnya, karena waktu ku kecil Afrika hanya diperlihatkan dengan acara “Flora & Fauna” padaku oleh TVRI, dan juga melalui Ethiopia [yang hitam plontos] kelaparan di acara Box Office dengan rating tertinggi kala itu “Dunia dalam Berita”.

Agaknya karakter itu yg ditangkap dengan baik oleh seniman Afsel, Andries Odendaal dari Kota Cape Town si pembuat Zakumi maskot World Cup Sudafrica 2010.. Zakumi adalah seekor Leopard [tu kan bener binatang liar dan ganas]. Lalu coba liat official poster  World Cup Sudafrica 2010 yang didominasi grapik kepala plontos item dengan ornament warna cerah khas bendera-bendera di Afrika [merah, kuning, ijo, dan putih] eh..liat itu di leher tenyata bentuk peta benua Afrika, jenius ya yang bikin..? mosok nggak !

Zakumi berarti persatuan Afrika Selatan. “Za” menunjuk kepada Afrika Selatan. Sedangkan “kumi” berarti sepuluh, merujuk kepada 10 bahasa yang digunakan di negara tersebut. Tapi katanya Zakumi juga berarti
“datanglah kemari” dalam bahasa salah satu suku di Afrika.
Halah ngapain bahas Zakumi da di omongin di banyak tempat lain.. kan ku mo ngomong tentang INFOGRAPHIC napa dikau diam saja ku ngelantur bahas Zakumi.. kok dikau ga mengingatkan..?!
Infograpik merupakan cabang ilmu desain grapik yang fokus pada seni penyajian data, digunakan untuk mendukung informasi, memperkuat dan mempresentasikannya. Tujuan utamanya adalah kemampuan untuk memvisualisasikan data, mengkomunikasikan informasi dengan jelas dan efektif.
Dengan Infograpik, dataset yang rumit dan komplek dapat dengan mudah dimengerti. Untuk menyampaikan ide-ide secara efektif, baik estetika bentuk maupun fungsional perlu penglihatan utuh menyeluruh yang intuitif. Kita sering cenderung membuang keseimbangan antara desain dan fungsi, kadang membuat sajian data ala kadarnya [Pie Chart, table, histogram Grafik Bar] dengan membuang estetika desain dan komunikasinya, tapi kadang juga membuat cantik data visualisasi  tapi gagal untuk melayani tujuan utamanya |mengkomunikasikan informasi.
Penyajian data bisa menjadi cantik, elegan deskriptif dan begitu menggemaskan tidak hanya dengan table, grafik histogram, pie chart, dan grafik batang yang digunakan setiap hari dengan MS Excel. melainkan dengan ide-ide inovatif dan  pendekatan yang kreatif untuk menyajikan data dalam cara yang belum pernah terpikirkan.
Di Indonesia, kadang kita temui harian Kompas menghasilkan infograpik yang centil untuk momen-momen tertentu, tetapi memang tidak terlalu sering. Karena bisa-bisa ga terbit besok harinya karna lama e bikinnya he.he..
infograpik saat perayaan waisak
infograpik untuk revitalisasi kota tua jakarta. Masih terlalu banyak teks ya hasilnya..?
Di dalam setiap penyelenggaraan World Cup terdapat data peserta, data pembagian Group, data jadwal pertandingan dan data-data prediksi. Nah kretivitas meramu data-data ini kemudian disajikan secara visual itulah yang aku tunggu-tunggu.
Ok coba kita lihat yang dibuat disini dgn yang disono.
) pusing ya liatnya

ini yang ada disebagian besar media2 cetak sini 🙂 pusing ya liatnya

nah yang di bawah ini seterusnya apa yang dikerjakan oleh orang-orang disono
asik ya..
sejarah world cup
prediksi world cup 2010
pembagian group world cup 2010
ini yang cantik seperti negara nya [seolah pernah ke prancis he.he..] sexy ya cara menyajikan timeline perjalanannya..

nah ini favorit ane gan..klik disini utk melihatnya karena interaktip

nah ini favorit ane gan..klik disini utk melihatnya karena interaktip

ini juga paporit..cerdas..jail..genit klik disini utk melihat nya karna interaktip

ini juga paporit..cerdas..jail..genit klik disini utk melihat nya karna interaktip

nah ini yg paling vaporit..anggun tp rumit bikin nya, klik disini utk melihatnya karna interaktip

nah ini yg paling vaporit..anggun tp rumit bikin nya, klik disini utk melihatnya karna interaktip

Tapi kayaknya utk dikau ga perlu coba-coba ah bikin desain dengan infograpik didalamnya, biar ga di cap desainer yang lambat kerjanya [karna infograpik butuh waktu] he..ntar aja jika dikau da jadi desainer sepi order kya aku baru lah bikin-bikin gituan karna dikau akan punya cukup waktu hi.hi… kan sepi order jadi punya banyak waktu luang. Karna bagi mereka [pengorder desain itu] idup ini singkat makanya mreka selalu tergesa-gesa menghadapi idup hari ini utk besok ga da perencanaan :). Padal kan jika singkat bukane malah kudu dinikmati?

[youtube kbGYK3bRuYg]

Ah sudahlah biarkan mreka idup dgn caranya, klo utk kita, mari merayakan pesta visual ituh..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Skip to toolbar